Inilah Senjata Persiapan Marketing Online Properti

marketing online properti

Untuk melakukan strategi marketing online, anda harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Misalnya saja, anda perlu merupakan riset pasar sehingga nantinya marketing yang dilakukan tepat sasaran. Selain itu, persiapan lainnya adalah dengan memilih media yang cocok untuk digunakan dalam pemasaran produk anda. Untuk informasi lebih lanjut, artikel ini akan membahas bahan persiapan marketing online berikut ini.

Melakukan Riset Pasar

Riset pasar sangat penting dilakukan karena pada tahap ini anda akan mengetahui seberapa baik bisnis anda dan apa kekurangannya. Misalnya, bisnis properti anda memiliki kelebihan seperti apa dan target audiens yang akan dicapai seperti apa. Anda harus meneliti hal-hal berikut terlebih dahulu sebelum melakukan pemasaran. Setelah mengetahui target pemasaran yang ingin dicapai, barulah anda dapat memulai menyiapkan bahan-bahan untuk marketing online.

Menganalisa Kompetitor

Selanjutnya, analisa terhadap marketing yang sudah dilakukan oleh kompetitor juga diperlukan. Misalnya, jika kompetitor anda sudah melakukan promosi lewat website dan sosial media. Maka, anda juga dapat mengambil media tersebut sebagai strategi dalam marketing online.

Mendefinisikan Konten yang Akan Diunggah

Penggunaan sosial media sebagai media marketing online mengharuskan anda sebagai pemilik untuk mengunggah konten mengenai informasi produk usaha. Dalam hal ini, anda harus mendefinisikan konten seperti apa yang akan diunggah ke dalam sosial media. Misalnya, anda dapat menggunakan gambar atau foto dan infografik untuk menampilkan informasi produk.

Membuat Jadwal

Jika anda memanfaatkan website sebagai media marketing online, maka anda harus menjadwalkan seberapa sering anda posting artikel dan keperluan posting informasi produk lainnya. Selain itu, anda juga harus memikirkan konten menarik yang akan diunggah sehingga menarik pengunjung ke website.

Menganalisa Budget yang Dibutuhkan

Walaupun marketing online bisa dibilang hanya membutuhkan seperangkat komputer dan koneksi internet, namun hal-hal lainnya seperti pengadaan content creator atau graphic designer akan membutuhkan biaya yang lebih besar. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda sebagai pemilik usaha menganalisa berapa budget yang anda miliki. Setelah itu, anda dapat membuat perkiraan media apa saja yang dapat anda manfaatkan untuk melakukan marketing online. Intinya, jangan sampai melebihi kapasitas budget anda hanya untuk melakukan promosi yang berlebihan.

Memanfaatkan Media Promosi

Faktanya, banyak media promosi online yang menawarkan jasanya untuk mengiklankan produk. Misalnya saja Facebook yang dapat memasang iklan mengenai produk anda. Media promosi ini akan membantu anda mencapai target audiens dan mengenalkan bisnis ke jaringan yang lebih luas.

Menggunakan Email untuk Promosi

Salah satu metode yang masih efektif dalam marketing online adalah penggunaan email. Anda dapat memberikan kontak email di website anda, lalu menjadikan hal ini sebagai keuntungan. Setiap konsumen yang berlangganan ke email anda, maka anda dapat mengirimkan pesan berupa penawaran terhadap produk bisnis anda.

Persiapkan Kata-Kata Persuasif

Dalam hal ini, peran sosial media mengambil alih dan berkontribusi besar dalam pemasaran via online. Oleh karena itu, untuk memaksimalkannya, anda dapat membuat slogan produk anda sendiri. Lalu, dikemas kedalam kata-kata persuasif. Contohnya sebagai berikut “Beli sekarang untuk dapat diskon khusus 30%”. Kata-kata persuasif berikut dapat menarik konsumen untuk melihat dan membeli produk setelahnya.

Mempelajari Teknik Marketing

Sebelum anda melakukan marketing online, ada baiknya jika anda memahami beberapa teknik marketing terlebih dahulu.

a. Search Engine Marketing (SEM)

Strategi pemasaran untuk menargetkan konsumen yang sedang mencari informasi mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan. Strategi ini mengandalkan sistem mesin pencari yaitu Google. Dengan menggunakan SEM dapat menempatkan produk anda di urutan teratas mesin pencarian.

b. Content Marketing

Selanjutnya, ada Content Marketing yang dapat memberikan konten berkaitan dengan produk anda. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan media forum di internet serta menulis artikel mengenai produk.

c. Search Engine Optimization (SEO)

SEO sangat terkenal sebagai strategi dalam marketing online. Strategi ini memanfaatkan keyword yang dipasang pada artikel di website anda. Sehingga, Google dapat mudah mendeteksi isi konten anda dan mengurutkannya di mesin pencarian.

d. Social Media Marketing

Menggunakan sosial media seperti Instagram, Facebook, Google AdWords juga dapat membuat jaringan bisnis anda lebih luas.

Itulah pembahasan mengenai Inilah Senjata Persiapan Marketing Online Properti. Semoga bermanfaat ya

Comments

Popular Posts